Pertarungan Partai Kiri dan Kanan Menjelang Pemilu Belanda

Pertarungan antara kelompok kiri dan kanan menjelang pemilihan parlemen Belanda 12 September mendatang, semakin tajam. Di kubu kiri, Partai Sosialis (SP) unggul dalam jajak pendapat. Partai ini menggunguli partai konservatif liberal VVD, yang dinilai sebagai kelompok kanan.

Sebenarnya pemblokan kiri dan kanan ini, menurut beberapa pihak, bukanlah istilah yang tepat. Karena, tergantung pada kriteria mana yang digunakan untuk menyebut suatu partai itu kiri atau kanan. Pendapat umum di Belanda mengatakan, partai VVD (Volkspartaij voor Vrijheid en Democratie atau Partai Rakyat Untuk Kebebasan dan Demokrasi) ini beraliran kanan. Alasannya karena partai ini cendrung membela orang kaya dengan mementingkan pemilik modal atau kelompok “kapitalis”.

Lawan dari kapitalis adalah kelompok sosialis. Mereka solider terhadap orang miskin dan memperjuangkan kesetaraan penghasilan, atau setidaknya mengurangi  perbedaan kekayaan di kalangan masyarakat. Partai-partai yang berafliasi pada ideologi ini tergolong beraliran kiri.

Sebenarnya masih banyak lagi kriteria untuk menyebut suatu partai itu kiri atau kanan. Misalnya bisa juga dilihat dari sikapnya terhadap kelompok migran. Partai-partai beraliran kiri biasanya solider terhadap kelompok migran. Sementara partai-partai kanan kurang solider atau malah mementang orang asing, suatu sikap yang biasanya terlihat pada partai ekstrem kanan.

Yang bisa digolongkan dalam kelompok kiri adalah Partai Buruh (PvdA), Partai Sosialis (SP) dan Kiri Hijau (GroenLinks). Sementara partai-partai yang tergolong kanan adalah, seperti disebut di atas tadi, VVD dan juga PVV atau Partij voor de Vrijheid (Partai untuk Kebebasan) pimpinan Geert Wilders.

Selain itu ada partai yang bisa dikategorikan beraliran tengah, bukan kiri dan bukan juga kanan. Misalnya partai D66 (Democaten 66), sebuah partai yang didirikan pada 1966 yang tujuannya untuk mengambil jalan tengah, tidak terlalu ke kiri dan juga tidak ke kanan. Selain itu ada berbagai partai kristen Belanda, yang sebenarnya tidak bisa  serta merta digolongkan beraliran kiri atau kanan.

Partai kristen yang terbesar adalah Partai Kristen Demokrat CDA (Christen-Democratisch Appèl/Apel Kristen Demokratis). Di samping itu  ada partai-partai kirsten kecil yang lebih konservatif seperti Christen Unie (Uni Kristen) dan SGP (Staatkundig Gereformeerde Partij/Partai Reformasi Kenegaraan).

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s