SP: Partai Paling Banyak Didukung Migran di Belanda?

Belanda sudah mulai demam kampanye pemilihan parlemen. Maklum  pemilu sudah di ambang pintu, akan digelar 12 September mendatang. Tema utama kampanye adalah tentu saja krisis ekonomi. Apa perlu ada penghematan besar-besaran?

Ada dua partai yang paling menonjol sikapnya soal pengehmatan ini yaitu partai kanan konservatif VVD ( Volkspartij voor Vrijheid en Democratie, Partai Rakyat untuk Kebebasan dan Demokrasi dan partai kiri SP( Socialistische Partij, Partai Sosialis). VVD ingin melakukan penghematan luar biasa, sementara SP menentang. Lalu bagaimana sikap kelompok migran di Belanda? Mereka akan menyontreng partai mana?

Ternyata SP  adalah partai paling populer di kalangan migran, apa yang disebut allochtonen.  Ini tertera dalam hasil jajak pendapat yang disponsori oleh acara televisi  De Halve Maan (Bulan Sabit) dan Forum,  Lembaga untuk Problematik Multikultural.  Kepada warga Belanda asal Turki, Maroko dan Suriname ditanyakan mereka akan memilih partai mana pada pemilihan anggota parlemen, De Tweede Kamer nanti.

Dari jajak pendapat yang diselenggarakan biro penelitian Motivaction ini, ternyata 39 persen responden akan memilih SP. Partai yang menduduki posisi kedua adalah partai buruh  PvdA, yang didukung 33 persen responden. Pada pemilu yang lalu 65 persen kelompok migran mendukung PvdA.

Krisis ekonomi dianggap sebagai tema pemilu utama oleh kelompok migran. GroenLinks, partai kiri hijau, didukung oleh 11 persen dan partai kristen koservatif  SGP meraih 3 persen dukungan, partai kristen moderat CDA memperoleh 2 persen dukungan dan  partai liberal tengah D66  hanya didukung 1 persen responden.  Dan tak pelak lagi, partai anti migran PVV tidak mendapat dukungan kelompok allochtonen sama sekali.

Sumber: http://www.nos.nl

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s