Partai Kristen Konservatif Belanda Juga Permasalahkan Islam.

Tidak berimbang kalau di Belanda bisa dibangun mesjid besar-besar sementara di tempat lain di dunia ini umat Kristiani digantung. Inilah pendapat pemimpin fraksi partai kristen konservatif Belanda SGP.

Dalam hal ini, SGP atau Staatkundig Gereformeerde Partij (Partai Reformasi Kenegaraan) sependapat dengan partai populis yang dikenal anti Islam yaitu Partai untuk Kebebasan atau Partij voor de Vrijheid (PVV) pimpinan Geert Wilders.

Hal tersebut dinyatakan caleg SGP, Kees van der Staaij dalam sebuah wawancara dengan koran online Belanda NU.nl. Dalam wawancara itu ia mengatakan, dirinya memahami sikap kritis PVV terhadap Islam.

“Kami tidak membatasi kebebasan beragama, kami hanya mempertanyakan pertumbuhan Islam. Karena kami mengkhawatirkan segi negatifnya,” ucap Van der Staaij.

Oleh karena itu Staatkundig Gereformeerde Partij (SGP) ingin membatasi pembangungan masjid besar dan menara. Ini semua tertera di dalam program pemilihan partai kristen konservatif ini.

Di Belanda ada beberapa partai kristen dan yang terbesar adalah partai kristen demokrat CDA, yang dinilai tidak konservatif. Malah partai ini memiliki anggota yang beragama Islam. Bahkan ada seorang muslim asal Turki yang menjadi anggota parlemen mewakili CDA. Namanya Coşkun Çörüz.

Van der Staaij juga menegaskan,tradisi kristen sudah mengakar di Belanda. Ia menambahkan, partainya menggarisbawahi pemisahan antara gereja dan negara, dalam artian bahwa pemerintah tidak boleh mencampuri urusan internal gereja, dan gereja juga tidak mengatur urusan negara.

Namun tokok partai kristen konservatif ini menegaskan,  ini tidak berarti bahwa agama dan politik tidak ada kaitannya sama sekali.  “Bagi saya sebagai seorang SGP, antara politik dan kepercayan ada hubungannya.”

Belum lama berselang hakim Mahkamah Eropa memutuskan, agar SGP mengizinkan perempuan berpartisipasi sebagai caleg.

Mengenai program SGP,  Van der Staaij mengatakan, partainya tidak hanya mau membela kepentingan partainya saja, tapi pada prinsipnya berusaha untuk mencari kebaikan bagi masyarakat Belanda secara umum.  Kamis, 22 Agustus SGP akan mengawali kampanye menghadapi pemilihan parlemen 12 September mendatang. SGP berharap bisa meraih tiga kursi parlemen.
Sumber: http://www.nu.nl

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s