Cara Mengurus Izin Tinggal di Indonesia Bagi Pensiunan Asing

Para pensiunan Belanda yang mau tinggal di Indonesia tidak usah repot-repot mengurus sendiri izin tinggalnya di Indonesia. Dengan membayar 8 juta rupiah, mereka bisa diurus sampai tuntas oleh sebuah perusahaan.

Bari Muchtar

Irawan Djito, pengelolah perusahaan yang berdomisi di Solo ini, mengatakan orang-orang pensiunan dari negara kaya seperti Belanda itu mau tinggal di Indonesia karena beaya hidup di Indonesia murah.

“Dan itu telah banyak dilakukan oleh orang-orang asing yang ada di sini (Indonesia, red). Baik warga negara Belanda, Eropa dan dari seluruh dunia, ” tandas Irawan Djito.

Perusahaan ini dirintis tahun 1985, namun, tambah Irawan Djito baru tahun-tahun belakangan mulai berkembang pesat.

Selain mengurus izin tinggal para pensiunan asing di Indonesia, perusahaan ini juga memberi pelayanan kepada para investor mancanegara. Mereka bertindak sebagai konsultan. “Biasanya kita mempersiapkan lokasi pabriknya, mengurus izinnya dan sebagainya, ” kata Irawan.

Izin kerja
Irawan menjelaskan, orang asing mau bekerja di Indonesia, selain harus mempunyai izin tinggal, tapi juga izin kerja. “Dan dia harus membayar pajak negara sebesar 1200 US dollar untuk satu tahun bekerja di Indonesia, “jelasnya. Kewajiban-kewajiban ini tidak berlaku bagi para pensiunan. Mereka hanya perlu memiliki izin tinggal.

Irawan mengatakan, seorang pensiuan yang mau tinggal di Indonesia terlebih dahulu mengirim fotokopi paspor yang masih berlaku. Kemudian mengirim surat keterangan pensiunan. “Kalau di Belanda apa yang disebut AOW, ” kata Irawan Djito.

Sebagai alternatif, yang bersangkutan bisa menunjukkan bahwa ia punya uang simpanan yang memadai. “Bisa berupa deposito atau buku tabungan, ” tambah Irawan.

KITAS
Lalu perusahaan ini mengurus semua surat-surat perizinan di Indonesia dan setelah itu mereka mengirim telex visa ke yang bersangkutan. Telexvisa ini bisa dibawa si pemohon ke Kedubes RI di negara bersangkutan. Begitu mereka tiba di Indonesia, semua urusan ditanggung oleh perusahaan ini hingga mereka memperoleh KITAS (Keterangan Izin Tinggal Terbatas).

Selanjutnya Irawan Djito menjelaskan, KITAS ini bisa diperpanjang, tanpa perlu keluar negeri dulu. Untuk paket ini si pensiunan membayar 8 juta rupiah per tahun. Setelah lima tahun memiliki KITAS, mereka bisa memohon KITAP (Keterangan Izin Tinggal Tetap). “Untuk perpanjangan nilainya 7 juta rupiah, “tandas Irawan Djito Dan KITAP ini bisa diperpanjang lima tahun sekali, sama seperti KTP.

Irawan menambahkan, menurut peraturan baru, para pensiunan itu tidak bisa menjadi warga negara RI. Ini berbeda dengan sebelumnya. Namun menurut Irawan, ada baiknya juga kalau orang asing, misalnya Belanda untuk tetap berwarganegara Belanda. Karena, kalau ia menjadi WNI, uang pensiunannya berkurang.

Terakhir Irawan Djito menjelaskan, belakangan semakin banyak pensiunan yang tinggal di luar Bali. Karena Bali sudah terlalu mahal.

Sumber http://www.ranesi.nl
Link:http://www.rnw.nl/bahasa-indonesia/article/cuma-8-juta-visa-beres

Catatan: wawancara dengan Irawan Djito dari ALM Tour Service ini dibuat tahun 2010. Bisa saja informasinya sudah berubah.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Cara Mengurus Izin Tinggal di Indonesia Bagi Pensiunan Asing

  1. NUSANTARA SERVICE DOCUMENT berkata:

    Salam sukses semuanya..

    Kami adalah Perusahaan Biro Jasa resmi di Kantor Dirtjen Imigrasi.
    Kami bisa bantu saudara-saudara dalam pengurusan dokumen KeImigrasian
    seperti misalnya :
    VISA INDONESIA ( Visa Tinggal Terbatas, Visa Kujungan )
    Kartu Izin Tinggal Terbatas ( KITAS )
    Kartu Izin Tinggal Tetap ( KITAP )
    MERP
    Dan lain lain

    Dengan bekerja sama dengan kami, kami pastikan semua permohonan dokumen Keimigrasian anda akan dapat di setujui oleh Dirtjen Imigrasi Jakarta dan Instansi Terkait.
    PEMBAYARAN DILAKUKAN SETELAH DOKUMEN / SURAT IZIN ANDA JADI.

    NUSANTARA SERVICE DOCUMENT
    085695720018 ( Whats up )
    081210678591 ( Line )
    Pin BBM 59b03da6
    rabaninusantara@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s