Belanda Siap Menghadapi Asbut Akhir Pekan Nanti

Lembaga Kesehatan Rakyat dan Lingkungan Kerajaan Belanda (Het Rijksinstituut voor Volksgezondheid en Milieu (RIVM))  memperingatkan Belanda bakal dilanda asap kabut (asbut) akhir pekan nanti.  Maklum suhu udara Sabtu dan Minggu nanti sekitar 30 derajat selsius. Karena tidak banyak angin, maka akan terjadi pencemaran  udara.

Namun menurut RIVM asbutnya tidak akan begitu tebal. Terutama warga yang salur pernapasannya sensitif, bisa mengalami gangguan di mata, hidung dan tenggorokan, penyakit bengek, batuk dan sesak napas.

Sabtu sore waktu setempat, Belanda selatan dan tengah akan dilanda asbut, tegas RIVM.  Hari Ahad asbut akan menyebar ke kawasan-kawasan lain di Belanda. Asbut muncul apabila tidak banyak angin, sehingga debu yang tercemar menumpuk di udara.

Berbagai tindakan  dan keputusan diambil untuk menghadapi suhu panas. Jawatan kereta api Belanda NS menduga bakal banyak warga mau ke pantai. Makanya NS menyiapkan tambahan gerbong kereta ke kota-kota pantai seperti Hoek van Holland dan Zandvoort.

Tim penyelamat akan lebih banyak dikerahkan di sepanjang pantai. Biasanya tiap pos penjagaan hanya ditugaskan lima orang penjaga pantai. Untuk akhir pekan ini di beberapa tempat jumlah petugas dilipatgandakan. Rendac, perusahaan pemusnah bangkai, akan lebih sering mengevakuasi bangkai binatang yang ditaruh di pinggir jalan oleh peternak, untuk mencegah gangguan bau busuk.

Akhir pekan nanti musim kompetisi persatuan sepak bola Belanda KNVB dimulai. Untuk itu KNVB menganjurkan agar lebih banyak istirahat minum saat pertandingan.

Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s