“Partai Pembajak” Siap Ikut Pemilu Belanda

Setelah jatuhnya kabinet kanan yang didukung oleh PVV, partai kebebasan pimpinan politikus anti Islam Geert Wilders, di musim semi lalu, Belanda akan menggelar pemilu parlemen 12 September mendatang. Banyak partai yang dulu gagal mencapai treashold, sekarang muncul lagi untuk ikut serta.

Partai-partai kecil ini bermacam ragam nama dan latar belakangnya. Misalnya ada Piratenpartij. Menurut kamus, piraat artinya perompak, bajak laut atau pemancar ilegal. Untuk gampangnya Piratenpartij kita terjemahkan saja dengan Partai Pembajak. Supaya bisa mengerti sedikit tentang partai ini, coba kita simak tujuan dan programnya. Partai Pembajak ini menginginkan demokrasi yang lebih murni. Mereka menghendaki agar warga bebas mengemukakan pendapat lewat internet. Warga harus lebih bisa menyampaikan pemikirannya, berbicara dan mengambil keputusan lewat intenet.

Poin-poin penting bagi partai ini adalah privasi dan pemerintah yang terbuka. Menurut partai pembajak ini, semua informasi harus terbuka dan hak paten harus dibatasi. Menurut Piratenpartij, partai-partai yang ada sekarang masih berpegang teguh pada ideologi kuno. Partai-partai yang mapan itu, menurut partai pembajak, tidak menyadari bahwa kebebasan warga makin berkurang.

Menurut Dirk Poot, caleg dari Piratenpartij, partainya sudah berhasil memperoleh dukungan lewat pengumpulan tandatangan untuk ikut pemilihan parlemen 12 September mendatang. Bukan hanya di Belanda ada partai pembajak, tapi di negara tetangga Jerman, juga ada partai serupa.

Sumber: http://www.nos.nl

Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s