Mobil Pakai Alarm Lebih Gampang Dicuri

Jumlah kasus pencurian mobil yang disertai tindak kekerasan tahun-tahun belakangan makin bertambah di Belanda. Demikian hasil penyelidikan yang dilakukan Korps Dinas Kepolisian Nasional Belanda KLPD. Kenapa demikian padahal banyak mobil memiliki sistem alarm?

Yang mencuri mobil bukan lagi para kriminal yang memperdagangkan kendaraan ini. Belakangan makin banyak organisasi kriminal yang mencuri mobil untuk digunakan merampok, mencuri, melakukan pembunuhan atau tindak pidana berat lainnya. Demikian tertera pula di laporan tersebut. Secondant, majalan milik Pusat Pencegahan Kriminalitas dan Keamanan PPKK, mempublikasikan laporan tersebut.

Joyce van der Mark dari KLPD dan Hervy de Miranda menyatakan, makin sering terjadi apa yang disebut carjacking, merebut mobil orang di tengah jalan dengan tindak kekerasan. Juga memaksa pemilik rumah yang dirampok untuk menyerahkan kunci mobilnya.

Dampak

Karena sudah makin banyak mobil dilengkapi sistem alarm, jumlah kasus pencurian mobil satu dasawarsa belakangan berkurang drastis. Namun dampak pencurian mobil yang disertai tindak kekerasan bagi si korban lebih besar ketimbang pencurian seperti biasanya.

Sistem alarm mobil tidak mempan mengurangi jumlah kasus perampokan. Malah sistem alarm itu menggampangkan perampok untuk melacak mobil dengan  track & trace. Mereka juga bisa memberhentikan mobil dengan remote control.

Mobil baru

Berdasarkan penelitian lain jumlah mobil yang dicuri semakin banyak. Paroh pertama tahun ini ada 1402 mobil berusia 0 sampai 3 tahun dicuri, 6 persen lebih banyak ketimbang paroh pertama tahun lalu. Demikian dilaporkan Yayasan Penanganan Kriminatlitas Kendaraan YPKK.

Mobil tua justru kurang diminati.  Jumlah total mobil yang dicuri pada paroh pertama tahun ini berkurang 2 persen. 5593 mobil dicuri pada periode itu. Hanya sepertiga dari mobil baru yang dicuri yang berhasil ditemukan, sementara separoh mobil tua yang dicuri berhasil ditemukan.

Sumber: http://www.nu.nl

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Mobil Pakai Alarm Lebih Gampang Dicuri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s