Serikat Buruh Kristen Belanda Solider Dengan Muslim Berpuasa

Ketua Pemuda Serikat Buruh Kristen Belanda Christelijk Vakverbond (CNV) membela kaum muslimin yang mengalami kesulitan bekerja selama bulan Ramadan. IJmert Muilwijk, ketua  Pemuda CNV atau CNV-Jongeren, mengatakan berdasarkan angket CNV Jongeren, ternyata banyak muslim merasa lebih capek kalau bekerja di bulan Ramadan. Juga ada yang menyatakan, bahwa daya konsentrasi mereka berkurang. Konon ada juga yang sampai pingsan di tempat kerja.

Maka CNV-Jongeren menyimpulkan,  banyak muslim membutuhkan perlakuan khusus dari majikannya selama Ramadan. Diusulkan agar jadwal kerja mereka dicocokkan. Perlakuan khusus tersebut hendaknya ditetapkan dalam CAO, colletieve arbeidsovereenkomt, kesepekatan perburuhan kolektif. Mereka menyebut istilah “cao ramadan-proof”, yang arti harfiyahnya kesepakatan perburuhan kolektif yang tahan Ramadan.

Jadwal fleksibel
” Di sektor-sektor di mana karyawan dan majikan tidak bisa secara langsung membuat kesepakatan, maka perlu ada kesepakatan kolektif mengenai waktu kerja fleksibel. Misalnya menciptakan kemungkinan untuk menerapkan jadwal kerja yang berbeda dan lebih fleksibel.” Demikian tandas IJmert Muilwijk, ketua CNV Jongeren seperti dikutip di situs serikat buruh kristen cnv: http://www.cnv.nl.

Tak pelak lagi Geert Wilders, pemimpin partai anti Islam PVV, serta merta mengeluarkan tanggapan. Wilders akan mengajukan pertanyaan di parlemen De Tweede Kamer kepada menteri Henk Kamp, yang bertanggung jawab soal perburuhan di Belanda. “Apakah Anda sependapat dengan saya, bahwa “mohammedanen” (para pengikut Muhammad,red) yang ingin bekerja “ramadan-proof” (tahan Ramadan,red) itu, sebaiknya melakukan hal itu di negara Islam sendiri, tidak di sini (di Belanda, red)? Kalau tidak demikian, kenapa?”  Demikian  pertanyaan Wilders dan anggota PVV lainnya di parlemen.

Menurut para pendukung PVV, yang mau lapar, capek dan kehilangan konsentrasi itu adalah umat Islam sendiri.

Toleransi
Ditanya kenapa ia mau memperjuangkan nasib muslim yang berpuasa, ketua CNV Jongeren mengatakan, ia lakukan ini berdasarkan rasa solidaritas. “Kita harus toleran terhadap satu sama lain,” katanya. Saking semangatnya untuk menunjukkan rasa solidaritasnya,  IJmert Muilwijk mengatakan di acara televisi De Halve Maan (Bulan Sabit) bahwa ia ingin mencoba berpuasa selama seminggu.

Seorang teolog Islam, Mohammed Cheppih, mendukung upaya serikat buruh kristen itu. Namun ia memberi penjelasan tambahan. “Sebenarnya Islam memberi keringanan terhadap pemeluknya yang pekerjaannya berat,” katanya.

Menarikanya Samira El Kandoussi, seorang jurnalis muslimah pengasuh acara “Ramadan Journaal” justru tidak setuju ada perhatian khusus terhadap para pekerja muslim di Belanda. Ini bisa membuat pandangan masyarakat Belanda bertambah negatif terhadap muslim dan Islam, jelasnya.

Sumber: http://www.cnv.nl dan http://dehalvemaan.ntr.nl/category/home/

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s