Varianus atau Komodo Memang Berasal dari Asia

Bagi kebanyakan orang Indonesia berita ini mungkin tidak baru. Varanus nama Latin hewan tergolong reptil yang salah satu jenisnya adalah komodo, ternyata memang asal muasalnya dari Asia.   Para pakar biologi akhirnya berhasil menyimpulkan:  varanus berasal dari Asia.

Sempat bertahun-tahun para pakar berdiskusi apakah kadal yang suka makan daging itu berasal dari Asia, Afrika atau Australia. Masalahnya hewan ini hidup di tiga benua itu. Tapi pertanyaannya dari mana asal muasalnya.

Berdasarkan hasil penelitian  38 dari 73 berbagai jenis varanus terbukti, cikal bakal binatang ini adalah di Asia. Hasil penelitian selama satu setengah tahun itu dipublikasikan Rabu ini di majalah Biology Letters. Peneliti Freek Vonk dari Naturalis Biodiversity Center  adalah salah satu penulis artikel di majalah tersebut..

”Dengan mengetahui secara pasti asal muasal varanus, kita  bisa lebih banyak belajar tentang sejarah dan terciptanya bumi,” kata Vonk. “Tapi saya tidak bisa mengatakan, bahwa kita sebagai umat manusia, dengan pengetahuan tersebut, sudah melangkah lebih cepat. ’’

Namun demikian, biolog ini tetap gembira dengan penemuan ini.  “Kehidupan ini merupakan teka-teka besar dan dengan penemuan itu kita makin dekat pada jawaban teka-teki itu.”

Varanus  mulai hidup 45 juta tahun lalu di Asia dan baru 41 juta tahun lalu hewan ini mulai hidup di Afrika dan Australia. Varanus banyak macamnya. Ada yang hidup di pohon dan ada pula yang  hidup di darat. Jenis yang paling kecil maksimal 30 sentimeter dan varian yang besar panjangnya bisa sampai 3 meter.

Sumber: www.nu.nl

Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s