Indonesia Termasuk Negara Pengimpor Gandum Terbanyak

Konsumsi gandum di Indonesia meningkat pesat. Ini berkat pertumbuhan ekonomi dan bertambahnya permintaan terhadap makanan cepat saji. Dengan demikian lima tahun kedepan Indonesia akan mengimpor 10 juta ton gandung tiap tahunnya. Demikian tertulis di laporan Rabobank, bank Belanda yang dikenal sebagai bank koperasi petani.

Dua dasawarsa belakangan peranan gandum makin penting di negeri  beras  ini. Menurut Rabobank konsumsi gandum antara tahun  2002/03 sampai 2012/13 meningkat lima persen per tahunnya. Dengan demikian negara Asia Tenggara ini termasuk negara yang paling banyak bertambah kebutuhannya terhadap gandum. Jumlah konsumsi gandum meningkat 70 persen, senilai 6.6 juta ton.

Karena suhunya panas dan lembab sehingga tidak cocok bagi budidaya gandum, maka Indonesia tegantung pada impor gandum dari Australia, Kanada dan Amerika Serikat. Impor gandum pun bertambah tiga kali lipat pada kurun waktu dua puluh tahun belakangan.  Dengan volume impor senilai 7,1 juta ton pada tahun 2012/13, maka Indonesia menduduki nomor urut tiga pada daftar negara-negara importir gandum terbesar.

Sebagai negara tetangga Australia bisa banyak dan dengan langgeng mengeskpor gandum ke Indonesia. Pemerintah Indonesia juga mendorong pertumbuhan industri gandum. Berdasarkan faktor-faktor positif ini, maka Indonesia sepuluh tahun mendatang kemungkinan besar akan termasuk negara yang paling banyak mengimpor dan mengosumsi gandum di dunia. Dan ini merupakan kesempatan bagi inverstor asing yang mau menanam modal di bidang industri gandum. Demikian laporan Rabobank .

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s